CONTOH RANCANGAN APLIKASI



MAKALAH

RANCANGAN APLIKASI

“Sinabang Teenagers Trend Collection”


DISUSUN OLEH :

NAZAR HAKIM


DOSEN PEMBIMBING 

DIMAS BAGUS SUSANTO, S.E., M.M

SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI PELITA NUSANTARA

TAHUN AJARAN 2022/2023




KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum wr.wrb

Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala yang telah melimpahkan rahmat serta karunianya sehingga penyusunan makalah Rancangan Aplikasi “Sinabang Teenagers Trend  Collection” dapat diselesaikan dengan baik. Juga tidak lupa kami ucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dan mendukung dalam penyusunan makalah ini. 

Adapun tujuan dari penyusunan makalah ini yakni untuk mengenalkan dan membahas kegiatan bisnis, lingkungan dan pemasarannya. Dengan makalah ini diharapkan baik penulis sendiri maupun pembaca dapat memiliki pengetahuan yang lebih luas mengenai kegiatan bisnis dan linkungannya.

Kami menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan agar dapat menjadi pedoman di masa mendatang. Akhir kata, semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca umumnya dan penulis sendiri khususnya.



Cot Kuta, 17 November 2023


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I :  PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

B. Rumusan Masalah

C. Tujuan

BAB II : PEMBAHASAN

A. Pengertian aplikasi STTC Shop

B. Manfaat Aplikasi

C. Kelebihan Dan Kekurangan Aplikasi

D. Fitur-fitur aplikasi STTC Shop

E. Inovasi aplikasi

BAB III : PENUTUP

A. Kesimpulan

B. Saran

DAFTAR PUSTAKA

BAB I 

PENDAHULUAN

Latar Belakang

Jika ditinjau berdasarkan ilmu komputer, Aplikasi merupakan suatu perangkat lunak yang dirancang menggunakan program-program dan di kembangkan oleh seorang programmer. Program komputer tersebut nantinya akan beroperasi pada sistem tertentu yang sengaja dibuat kemudian dikembangkan agar dapat melakukan perintah tertentu yang diinginkan. Perancang dan pengembang aplikasi yang disebut dengan developer akan merancang atau merakit aplikasi mereka yang kemudian menjualnya. Terdapat dua macam bentuk aplikasi secara umum yaitu, aplikasi desktop/ mobile yang dijalan kan pada perangkat pc dan mobile dengan menginstal software nya terlebih dahulu dan aplikasi web yaitu aplikasi yang di akses melalui web browser tanpa menginstal software dan membutuhkan koneksi internet.

Perancangan adalah Proses untuk mendefinisikan sesuatu yang akan dikerjakan dengan menggunakan Teknik yang bervariasi serta di dalamnya melibatkan deskripsi mengenai arsitektur serta detail komponen dan juga keterbatasan yang akan dialami dalam proses pengerjaannya (Adiguna 2018). Sama hal nya dengan perancangan aplikasi, aplikasi yang dirancang juga tentu memiliki kekurangan baik dalam bentuk fitur yang tersedia maupun kesalahan pengkodean atau yang disebut dengan istilah bug.

Dengan ada nya aplikasi juga mempermudah penggunanya untuk melakukan suatu pekerjaan, terutama pada Perusahaan atau pemilik bisnis sangat membantu dalam menjalankan Perusahaan atau bisnisnya. Bagi Perusahaan bisnis rancangan aplikasi dibuat untuk mempermudah dalam mempromosikan penjualan suatu bisnis menjadi efektif dan efisien, dengan perkembangan teknologi dan dan mengikuti inovasi-inovasi  aplikasi pada laporan penulis akan mengemukakan dan membahas satu rancangan aplikasi bisnis dengan nama “Sinabang Teenagers Trend  Collection” atau singkatnya “STTC shop”.

Rumusan Masalah

Pengertian aplikasi 

Manfaat aplikasi 

Menjelaskan kelebihan dan kekurangan aplikasi

Inovasi-inovasi aplikasi

Tujuan 

Untuk mengetahui aplikasi yang dirancang

Untuk mengetahui manfaat yang terdapat pada aplikasi

Agar dapat memahami dan mengetahui apa kelebihan dan kekurangan aplikasi

Untuk mengetahui inovasi-inovasi pada aplikasi



BAB II

PEMBAHASAN

Pengertian aplikasi STTC Shop

Aplikasi menurut Dhanta dikutip dari Azhar (2019) adalah software yang dibuat oleh suatu perusahaan komputer untuk mengerjakan tugas-tugas tertentu, misalnya Microsoft Word, Microsoft Excel. Aplikasi berasal dari kata application yang artinya penerapan lamaran penggunaan. Menurut Jogiyanto dikutip oleh Ramzi (2013), aplikasi merupakan penerapan, menyimpan sesuatu hal, data, permasalahan, pekerjaan kedalam suatu sarana atau media yang dapat digunakan untuk menerapkan atau mengmplementasikan hal atau permasalahan yang ada sehingga berubah menjadi suatu bentuk yang baru tanpa menghilangkan nilai-nilai dasar dari hal data, permasalahan, dan pekerjaan itu sendiri.

Seiring berkembangnya jaman, tentunya akan selalu memicu adanya tren-tren baru yang dianggap eksis dimasa itu. Perkembangan ini bisa dari segala macam ide, dari teknologi hingga cara berpenampilan. Dari setiap perkembangan tersebut, tentunya menimbulkan rasa ketertarikan tersendiri bagi siapa saja yang melirik dan tentunya dianggap keren jika mengikuti alur perkembangan tersebut. Maka dari itu, tak sedikit orang-orang yang selalu mengikuti perkembangan tren tersebut, apalagi dikalangan remaja yang sifatnya penasaran atau selalu ingin tahu.

Salah satu perkembangan yang dominan terlihat ialah cara berpakaian atau fashion yang sering digandrungi oleh anak-anak muda jaman sekarang. Penampilan tersebut meliputi baju, celana, dress, rok, dan aksesoris lainnya serta berbagai hal yang berkaitan dengannya. Dengan cara memadukan hal-hal tersebut, tentunya akan membuat gaya tersendiri atau nilai fashion bagi mereka. Fashion seolah-olah telah menjadi sebuah ciri khas dan kepribadian mereka. Sesuai dengan makna dari fashion itu sendiri, yaitu bersifat unik dan berani tampil beda. Hal tersebut merupakan pengaruh positif dari perkembangan fashion dikalangan remaja, yang juga menjadikan mereka kreatif dan berani menampilkan jati diri sesuai dengan passsion mereka.

Dari kesimpulan diatas ditemukan suatu ide aplikasi sebagai media digital bagi para pelaku jual beli yaitu aplikasi Sinabang Teenagers Trend Collection (STTC Shop) yang diharapkan dapat menjadi alat bantu untuk mempermudah konsumen khususnya para dikalangan para remaja tentunya dapat diakses secara online dan tidak perlu harus ke toko. Aplikasi ini juga memberikan kesempatan bagi Masyarakat yang ingin memulai suatu bisnis dapat mempromosikan bisnis nya dibidang fashion melalui aplikasi ini, dengan begitu Masyarakat dapat memasarkan produknya ke konsumen dengan mudah.

Pada sebuah aplikasi, sebuah logo tentunya menjadi suatu identitas bagi aplikasi tersebut, oleh karena itu penulis juga mencantumkan logo dari aplikasi STTC shop seperti dibawah

Gambar 2.1. Logo Aplikasi STTC Shop








Logo tersebut melambangkan STTC Shop atau Sinabang Teenagers Trend Collection, aplikasi ini termotivasi dan dirancang berdasarkan ide-ide karena kalangan remaja di daerah Sinabang, Simeulue, Aceh yang selalu memperhatikan dan mengikuti trend-trend fashion kekinian. Latar warna abu-abu menurut psikologi memiliki arti keseriusan, dapat ditarik kesimpulan bahwa perkembangan fashion membawa dampak serius bagi para remaja sehingga tidak dapat terpisahkan, oleh karena itu warna abu-abu dipilih sebagai latar cocok untuk melambangkan hal tersebut. Terdapat sebuah pulau pada logo yaitu pulau simeulue yang berarti perancang aplikasi ini berasal dari simeulue dan termotivasi dari lingkungan daerah simeulue juga.

Manfaat Aplikasi

Aplikasi STTC Shop dibuat agar dapat bermanfaat bagi Masyarakat tentunya juga mempermudah konsumen khususnya para remaja, berikut beberapa manfaat dari aplikasi :

Masyarakat yang ingin memulai bisnis bidang fashion dapat memudahkan pemasaran berbagai produk fashion.

Sebagai media akses digital bagi para konsumen untuk berbelanja dan mencari produk fashion trending sesuai keinginan cukup pada satu aplikasi.

Tidak memerlukan modal yang besar untuk memulai usahan dengan membangun lapak, cukup dengan smartphone dan koneksi internet bisnis dapat melayani permintaan konsumen secara online.

Fleksibilitas dalam kegiatan bisnis yang memungkinkan akses kapan saja dan dimana saja 

Kelebihan Dan Kekurangan Aplikasi

Kelebihan aplikasi STTC Shop

Memudahkan konsumen mencari, memilih, hingga berbelanja suatu produk fashion hanya dengan melalui aplikasi tanpa harus meluangkan waktu untuk pergi ke pasar.

Tidak membutuhkan toko fisik sehingga menghemat biaya pengelolaan  bisnis bagi Masyarakat yang ingin memulai bisnisnya di aplikasi STTC Shop.

Meningkatkan jangkauan pasar sehingga memperoleh konsumen yang tidak terbatas hanya pada suatu daerah saja.

Kegiatan bisnis produk hanya dengan mengakses aplikasi sehingga menghemat waktu dan tenaga


Kekurangan aplikasi STTC Shop

Tidak dapat melihat detail barang secara langsung, karena STTC Shop merupakan aplikasi berbelanja secara online untuk mengatasi hal tersebut ditemukan suatu ide, yaitu setelah barang sampai kepada konsumen, konsumen dapat melihat detail barang hingga mencoba kualitas barang tersebut sebelum melakukan keputusan transaksi.

Tidak semua owner toko di aplikasi di STTC Shop membuka fitur COD atau bayar di tempat konsumen mendapatkan barang, sehingga konsumen merasa dirugikan karena tidak mendapatkan barang yang sesuai harapan setelah transaksi.

Penggunaan akses informasi data pelanggan oleh orang atau pihak yang tidak bertanggung jawab seperti hacker. Cyber crime memang kerap terjadi pada lalu lintas jaringan internet.

Tidak selalu dapat menjamin 100% keutuhan kondisi barang saat proses pengiriman barang.


Fitur-fitur aplikasi STTC Shop

Gratis ongkir keseluruh Indonesia

Menyediakan pembayaran di tempat (COD)

Potongan harga hingga 30% bagi pelanggan setia 

Retur dan pengembalian barang

Inovasi aplikasi 

Bagi pengguna pertama akan mendapatkan beberapa voucher diskon dan gratis ongkir.

Menambahkan fitur langganan VIP dimana dengan fitur tersebut pengguna mendapatkan keuntungan seperti vocher diskon dan gratis ongkir yang dapat diklaim setiap hari selama masa langganan.

Informasi dan data pelanggan merupakan privasi yang sangat penting bagi pelanggan termasuk pada data nomor rekening, oleh karena itu dimunculkan satu ide inovasi keamanan transaksi seperti verifikasi 2 langkah atau verifikasi wajah saat ingin masuk ke antarmuka menu transaksi, dengan demikian transaksi dapat dilanjutkan setelah memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan oleh aplikasi.




BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Aplikasi STTC Shop dapat bermanfaat bagi Masyarakat sebagai peluang untuk menjalankan bisnis dan mempermudah promosi dan pemasaran produk bisnisnya. Juga mempermudahkan bagi konsumen untuk mencari dan berbelanja kebutuhan fashion. Aplikasi STTC Shop juga selalu update dan mencari tahu tentang produk-produk trending agar meningkatkan minat konsumen dengan trend-trend baru tentang fashion.  Dengan fitur dan inovasi yang disediakan diharapkan dapat membantu kegiatan bisnis agar menjadi lebih mudah dan efisien 


Saran 

Aplikasi ini diharapkan dapat berkembang dengan baik sehingga dapat memungkinkan bersaing dipasar global. Dengan adanya saran dari pengguna agar dapat mengembangkan banyak ide-ide inovasi dan memunculkan fitur-fitur baru yang semakin memudahkan pengguna aplikasi, sehingga pengguna merasa nyaman menggunakan aplikasi 


DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, Azhar. (2019). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada. Depok. 

Universitas Pembangunan Panca Budi. Diakses tanggal 17 November

https://repository.pancabudi.ac.id/perpustakaan/lokalkonten/1414370236_239_2_BAB_II.pdf

Dani Rachmat Ramadhan. (2019). Pengaruh perkembangan fashion pada remaja

Binus University. Diakses tanggal 17 November

https://communication.binus.ac.id/2019/01/22/pengaruh-perkembangan-fashion-di-kalangan-remaja/







Posting Komentar

0 Komentar